SATUAN
KEGIATAN
LAYANAN
KONSELING
A.     Judul / Spesifikasi Layanan :Ingin
bunuh diri karena merasa bersalah atas kematian pacar.
B.     Bidang
Bimbingan   : Pribadi
C.     Jenis
Layanan    : Konseling Individu
D.     Fungsi
Layanan    :
Pengentasan
E.      Tujuan
Layanan    : 
a.     Mencari
sebab mengapa individu sering menyalahkan dirinya sendiri.
b.     Menumbuhkan
kesadaran diri pada individu terkait seringnya menyalahkan dirinya sendiri.
c.     Membantu
individu mengentaskan permasalahan yang dihadapi.
d.     Membentuk
perilaku individu menjadi lebih positif.
F.      Hasil
yang ingin dicapai   : 
1.   Klien dapat memahami keadaan diri secara baik.
2.   Klien dapat berpikir secara rasional.
3.   Klien dapat menemukan jalan keluar bagi masalah yang dihadapinya.
G.     Sasaran
Layanan    :
Hawinda, Siswa SMA Kelas XI 
H.     Tempat
Penyelenggara Layanan  : Ruang BK
I.       Pelaksanaan
    : 30
April 2012
J.       Waktu     : 3 x 40 Menit 
K.     Pendekatan    : Konseling
RET (Rational-Emotive          Therapy)
L.      Teknik     : homework,
social-modelling, 
  simulation - imitation
M.   Uraian
Kegiatan Pemberian Layanan :
1.   Pendahuluan
a.     Menyambut
kehadiran klien
b.     Menciptakan
hubungan yang baik dengan klien
a.     (Assesment)
ü  Menggali
informasi tentang keadaan klien dan mendorong klien untuk menguraikan
permasalahan yang klien alami.
b.     (Antecedent Event/ Activity)
ü  Merumuskan
kejadian yang sebenarnya terjadi dan dialami klien sehingga klien memiliki irrational belief.
c.     (Belief)
ü  Merumuskan
yang menjadi irrational belief klien
atas kejadian yang sebenarnya terjadi. Sehingga konselor dapat memahami
keyakinan klien atas peristiwa yang dialami klien.
d.  (Consequence)
ü  Merumuskan
hasil yang dibentuk dari irrational
belief klien. Dalam permasalahan ini consquence
atas Antecedent  Event adalah keputusan klien untuk ikut mati seperti
pacarnya.
e.   (Disputing)
ü  Konselor
melakukan proses konseling dengan men dispuite
atau melawan irrational belief  klien dengan rational belief klien. Dispuite
dilakukan dengan memberikan treatment berupa Teknik Homework, Social-Modelling, dan Simulation- Imitation pada klien.
f.   (Effect/Expectation)
ü  Hasil
yang didapatkan berupa keberhasilan dapat diubahnya irrational belief menjadi rational
belief sehingga perilaku yang lebih positif.
3.   Penutup
a.     Mengulangi
pernyataan klien tentang jalan keluar yang telah ditetapkan.
b.     Klien
berinisiatif mengakhiri kegiatan konseling.
N.     Pihak
yang diikutsertakan  : Klien,
Guru BK
O.     Alat
yang digunakan    : Bolpoin, Kertas, Recorder
P.      Rencana
Penilaian : 
a.     LAISEG          : 
1)  Mengamati
klien selama mengikuti proses konseling.
2)  Partisipasi
klien selama mengikuti layanan konseling yang diberikan.
b.     LAIJAPEN  :
Mengamati
kesungguhan klien untuk merubah perilakunya.
c.     LAIJAPAN : 
Perkembangan siswa setelah
layanan konseling individual ini diberikan (satu bulan - satu semester).
Q.   Tindak
lanjut  : Apabila di perlukan, dapat dilakukan konseling pada pertemuan selanjutnya.
Surakarta,  April  2012
                                                                                                                               Guru BK
                                                                                                            Niken Rithmayanti
                                                                                                            NIM K3109055
VERBATIM
KONSELING INDIVIDU
(RET-dengan Teknik Homework, Social-Modelling,dan
Simulation - Imitation)
Deskripsi masalah
Hawinda adalah siswa SMA
kelas XI. Hawinda ini bisa disebut siswa yang berprestasi di sekolah. Di rumah,
Hawinda merupakan anak yang baik, periang dan penurut kepada orang tuanya. Tetapi
setelah kematian pacarnya yang tertabrak kendaraan, perilakunya menjadi berubah.
Dia sering terlihat murung, sering menyendiri, terkadang menangis tanpa sebab,
sering melamun. Sehingga perilakunya tersebut berdampak pada hidupnya dirumah
dan disekolah. Dan Hawinda mempunyai niat untuk bunuh diri saja untuk menebus
kesalahannya.
Nilai – nilai Hawinda
disekolah mulai menunjukkan penurunan, daya tangkap ketika pelajaran kurang,
kurang tanggap, kurang bersosialisasi baik dengan teman- temannya. Sedangkan
dampak ketika di rumah ialah orangtuanya resah dengan Hawinda yang sering
melamun, malas belajar, tidak ceria lagi. tuanya.
Verbatim
Konseling
|  Subyek                                      
  Dialog | 
Keterampilan
  Komunikasi | |
| 
Konseli | 
: Assalamu’alaikum …selamat
  siang | 
Salam | 
| 
Konselor | 
Walaikum salam….Selamat siang, Oh
  iya.. silahkan duduk.. (tersenyum lalu menunjukkan dan mempersilahkan konseli
  ke tempat duduk sambil bersalaman dengan konseli) | 
Opening
  / Good Raport 
Attending
   | 
| 
Konselor | 
 : Alhamdulilah bisa ketemu hari ini ya
  Hawinda. Bagaimana kabarmu hari ini, Hawinda ? | 
Good
  raport | 
| 
Konseli | 
 : Alhamdulillah baik,bu. | |
| 
Konselor | 
 : Ngomong – ngomong ini belum jam
  istirahat kok bisa ke ruang konseling? | 
Good
  Raport | 
| 
Konseli | 
 : Sebenarnya pelajaran Ekonomi yang
  diampu Bu Sinta bu. Tapi Bu Sinta berhalangan hadir, kata guru piket beliau
  ada urusan keluarga. | |
| 
Konselor | 
: Apakah ada tugas
  yang diberikan dari guru piket tadi ?  | 
Good
  Report | 
| 
Konseli | 
: A da bu, tapi sudah
  saya kerjakan kok, terus langsung kesini deh bu. Mumpung ada waktu juga. | |
| 
Konselor | 
: Oh baik kalau
  begitu, takutnya kalau Hawinda belum mengerjakan tugas. | 
Good
  Raport | 
| 
Konseli | 
: Hehe, tidak kok bu.
  Oiya Bu, saya ingin cerita banyak ini bu (nampak murung ) | |
| 
Konselor | 
:Iya, seperti yang
  sudah kita sepakati di telepon kemarin malam kalau kita akan bertemu. Pasti
  ada beberapa hal yang ingin diceritakan. Coba kemukakan apa yang Hawinda
  rasakan | 
Lead
   | 
| 
Konseli | 
 Iya bu, tapi saya bingung harus cerita
  darimana. Kira – kira ini nanti berapa ya bu waktunya? Kita bisa ketemu lain
  hari kan bu? | |
| 
Konselor | 
 Nanti pelan – pelan saja ceritanya,
  tidak usah terburu – buru ya, waktu kita sesuaikan dengan jam kosongnya ini
  saja, masih ada 40 menit ya. Kalau nanti dirasa masih perlu, kita bisa
  bertemu kembali di hari lain, bisa hubungi ibu dulu untuk janjian begitu ya. | 
Structuring
   
(time
  limit) | 
| 
Konseli  | 
: Baik bu, nanti kalau
  sudah bel pelajaran selanjunya, diakhiri dulu ya bu pertemuan ini. Ibu ga
  akan cerita dengan siapa – siapa kan bu? Saya takut nanti kejadian yang saya
  alami ini diketahui teman – teman dan guru, nanti saya malu. | |
| 
Konselor  | 
: Tenang saja Hawinda,
  ibu tidak akan menceritakan masalah ini kepada siapa- siapa. Karena ada kode
  etik mengikat. Silahkan Hawinda cerita saja dengan terbuka, santai, dan
  percaya kepada ibu. Dengan begitu kita sama – sama bisa menyelesaikan masalah
  yang terjadi. | 
Structuring 
(role
  limit) | 
| 
Konseli  | 
: Baik bu, dengan
  begini saya jadi tenang akan cerita dengan ibu. | |
| 
Konselor | 
: Baik kalau begitu,
  coba ceritakan apa yang dirasakan Hawinda saat ini. | 
Lead
   | 
| 
Konseli | 
: Bagaimana ya bu,saya
  bingung untuk mengatakannya. | |
| 
Konselor | 
: Tidak usah bingung ya
  Hawinda, saya akan mendengarkan semua yang diceritakan Hawinda, semoga satu
  persatu masalah bisa dipecahkan dan tidak ada hambatan. Bagaimana? | 
Acceptance
   | 
| 
Konseli | 
: Iya bu, begini
  ceritanya, pacar saya meninggal 6 bulan yang lalu. Saya merasa sedih sekali
  bu. Pacar saya meninggal saat mau menjemput saya ke sekolah bu. Dan
  kejadiannya terjadi di depan mata saya. Saya merasa menyesal, kenapa dia
  harus jemput saya. Saya harusnya tidak manja. Padahal biasanya saya naik
  angkot ga papa. Saya sedih sekali bu, betapa bodohnya saya saat itu. | 
A
  (Activity) | 
| 
Konselor | 
: Ya..ya..ya.. Saya memahami
  perasaan  Hawinda. | 
Empathy | 
| 
Konseli | 
: Padahal saya sangat
  sayang kepada dia bu. Malah saya sendiri yang mencelakakan dia | |
| 
Konselor | 
: Ehmm ya ya
  (mengangguk-angguk) | 
Acceptance | 
| 
Konselor  | 
:Coba ceritakan kronologi
  peristiwa kecelakaan itu Hawinda | 
Exploring | 
| 
Konseli | 
: Saat itu paginya
  saya pengen banget dijemput sama pacar saya. Akhirnya saya sms pacar saya
  yang sudah kuliah untuk menjemput sekolah. Kebetulan dia sedang tidak ada
  jadwal kuliah. Diapun mau bu. Pas bel pulang sekolah, saya langsung keluar
  dan menunggu di dekat gapura sekolah. Baru 5 menit di situ, terdengar suara
  keras banget motor yang nabrak. Saya liat ada motor Ninja merah sudah
  terguling dan ada bis. Pertamanya saya tidak terlalu peduli, tapi setelah
  saya liat helmnya, saya terperangah. Itu pacar saya. Saya saat itu langsung
  berlari menghampiri pacar saya dan kaget banyak sekali darah dari kepalanya.
  Saat itu saya tidak peduli sekitar saya ada banyak orang yang melihat. Tak
  lama, ambulans datang dan membawa pacar saya. Saya diajak pulang teman saya
  dan sesampai rumah, di beri kabar bahwa pacar meninggal. Langsung saya
  menangis histeris dan pingsan. Tak percaya ini cepat sekali terjadi. Kenapa
  saya minta dijemput saat itu. (menangis). | 
Activity
   | 
| 
Konselor  | 
: Miris sekali ya
  kejadiannya. Saya bisa merasakan apa yang Hawinda rasakan saat itu. | 
Empathy | 
| 
Konselor | 
: Berarti dengan kata
  lain Hawinda merasa ini semua adalah kesalahan Hawinda karena  sudah minta dijemput oleh pacarnya? | 
Clarification | 
| 
Konseli | 
: Iya bu,saya merasa
  ini semua adalah kesalahan saya. Saya berpikir juga harus mati untuk menebus
  kesalahan ini bu. | |
| 
Konselor | 
: Coba dipikir dua,
  tiga kali lagi apakah berpikir seperti itu sudah sesuai? | 
Rejection | 
| 
Konseli | 
: Entahlah bu. | |
| 
Konselor  | 
: Bagaimana dengan
  orang tua Hawinda dan orang tua pacar Hawinda? | 
Lead | 
| 
Konseli  | 
: Ibu bapak saya
  selalu menguatkan saya bu, walaupun sampai sekarang saya pun belum bisa
  memaafkan diri saya sendiri. 
Kalau bapak ibu pacar,
  mereka berusaha tegar dan menerima hal ini sebagai ujian. Mereka tidak
  membenci saya bu, saya bersyukur. Bahkan mereka seperti menganggap saya anak
  sendiri. Sehingga kalau pulang sekolah, kadang saya mampir kesana dan berdoa
  bersama mendoakan almarhum. | |
| 
Konselor  | 
: Ibu bapak selalu
  menguatkan Hawinda ya dan orang tua pacar tidak membenci Hawinda. | 
Restatement | 
| 
Konselor | 
: Nah, mari kita pikirkan
  bersama-sama Hawinda. Keluarga selalu menguatkan Hawinda. Tetapi Hawinda
  ingin menebus kesalahan dengan ikut mati. Menurut Hawinda itu cara yang
  paling tepat? | 
Belief | 
| 
Konseli | 
: Gimana ya bu, saya
  selalu dikejar – kejar perasaan bersalah, betapa saya jahat kepada pacar saya
  ini. Terkadang memang terlintas pikiran seperti itu bu. | |
| 
Konselor | 
: Jadi menurut Hawinda,
  karena kematian pacar,Hawinda selalu merasa bersalah dan berpikir ingin ikut
  mati saja tanpa menghiraukan keluargamu dan keluarga pacar yang menyayangimu .
  Hal itu merupakan keputusan yang tepat. Begitu? | 
Paraphrasing | 
| 
Konseli | 
: Iya bu,saya rasa itu
  cara terbaik dalam menyelesaikan masalah ini. Untuk apa saya hidup kalau
  pacar saya tidak ada. Hidup terasa hampa bu. | |
| 
Konselor | 
: Baiklah Hawinda coba
  tenangkan pikiran terlebih dahulu. Dengan ikut mati apakah masalah itu dirasa
  sudah selesai ? Apa dengan kematian Hawinda, orang tua juga tenang, begitu ?
  Bukannnya dengan ikut mati dengan bunuh diri, berarti Hawinda menambah permasalahan
  karena orang tua harus kehilangan anak secantik Hawinda?  | 
Confrontation | 
| 
Konseli | 
: Iya sih,bu
  sepertinya saya malah menambah masalah dengan bunuh diri,tetapi saya tidak
  tahu dengan cara apa lagi agar bisa menyelesaikan masalah. | |
| 
Konselor | 
: Nah, berarti Hawinda
  sekarang merasa bahwa ikut mati bukanlah solusi dari permasalahan ini bukan? | 
Belief | 
| 
Konseli | 
: Ya,bu saya mengerti
  itu. Tapi saya masih belum bisa memaafkan diri saya atas meninggalnya pacar
  saya, saya masih merasa bersalah karena itu bu. Merasa akar masalah yang
  terjadi adalah karena saya.  | |
| 
Konselor  | 
: Hawinda, kalau orang
  tua pacarmu saja bisa tegar dan menerima kenyataan bahwa anaknya sudah
  meninggal, mengapa dirimu tidak bisa sekuat mereka? Padahal kalian sama- sama
  menyayangi dia. | 
Confrontation
   | 
| 
Konseli  | 
: Iya sih bu. Mungkin
  saya yang berpikir terlalu pendek. | |
| 
Konselor | 
 : Hawinda sekarang ini belum pernah
  membicarakan masalah ini kepada orang tua? Atau sekedar curhat tentang
  perasaan Hawinda kepada orang tua? | 
Lead | 
| 
Konseli | 
: Tidak,bu saya
  bingung bagaimana cara untuk memulai membicarakan hal ini, saya takut orang
  tua saya berpikir saya mulai tidak fokus sekolah. Sekarang saya malah merasa
  pusing dan lemas bu. | |
| 
Konselor | 
; Kamu sekarang pusing
  dan lemas ? kamu butuh istirahat Hawinda ? | 
Lead | 
| 
Konseli | 
: Sepertinya iya bu,
  bagaimana kalau dilanjutkan besok saja ? | |
| 
Konselor | 
: Ya sudah tidak
  apa-apa, bagaimana kalau Hawinda Ibu beri tugas untuk menuliskan kebaikan
  orang tua Hawinda dan orang tua pacar Hawinda? Kerjakan di rumah ya. | 
Teknik
  Homework | 
| 
Konseli  | 
: Oh baiklah bu , saya
  akan mengerjakan dengan tenang dirumah. | |
| 
Konselor | 
: Baik, sekarang coba
  Hawinda simpulkan apa yang didapatkan pada pertemuan kita hari ini? | 
Termination
   | 
| 
Konseli | 
: Saya merasa saya ini
  sangat bersalah telah menyebabkan pacar saya mati. Saya sangat terganggu dan
  sedih. Namun saya tidak tahu bagaimana agar masalah ini cepat selesai dan
  hidup saya menjadi tenang. Dan saya diberi tugas oleh Ibu untuk menuliskan
  kebaikan orang tua saya dan orang tua pacar saya. | |
| 
Konselor  | 
: Baik Hawinda,
  silakan kembali ke kelas dan beristirahat ya | 
Termination
   | 
| 
Konseli | 
: Iya bu, besok saya
  hubungi ibu dulu ya. Terimakasih ya bu. Saya kembali ke kelas dahulu. Assalamu
  alaikum. | |
| 
Konselor | 
: Sama- sama Hawinda.
  Walaikum salam. | 
Termination 
Salam | 
| 
                            
  PERTEMUAN KEDUA | ||
| 
Konseli | 
: Assalammualaikum ,
  Bu. | 
Salam | 
| 
Konselor | 
: Waalaikum salam,
  silahkan duduk Hawinda | 
Good
  Raport | 
| 
Konseli | 
: Iya bu, terima kasih | |
| 
Konselor | 
: Bagaimana kabarnya
  hari ini Hawinda? Coba bacakan apa saja yang sudah kamu kerjakan di rumah? | 
Good
  Raport 
Lead | 
| 
Konseli | 
: Alhamdulillah sudah
  agak mendingan bu rasanya.  
Baik bu, kalau
  kebaikan orang tua saya.. segala galanya bu. Mereka itu orang tua terbaik
  saya bu. Mereka tidak pernah marah, ramah sekali, selalu mendukung yang saya
  lakukan. Semua kebutuhan dipenuhi bu. 
Kalau kebaikan orang
  tua almarhum pacar saya, mereka itu sayang kepada saya, welcome bu, bahkan
  sudah seperti anaknya sendiri. 
Dan saya menjadi sadar
  bahwa apa yang saya pikirkan dan niati itu ternyata salah dan malah merugikan
  diri saya sendiri dan merugikan orang lain. Terutama orang tua saya bu. Malah
  nantinya saya yang akan menambah masalah mereka. | |
| 
Konselor | 
: Wah, senang sekali
  ibu  mendengarnya. Hawinda sudah
  mulai bisa memahami keadaan. 
 Berarti kita dapat melanjutkan
  pembicaraan kita yang kemarin kalau begitu Hawinda? | 
Reinforcement
   
Lead | 
| 
Konseli | 
: Iya bu saya sudah
  memikirkannya dirumah, sepertinya saya memang salah, selain itu di satu sisi
  yang lain saya merasa kasihan kepada bapak ibu jika saya mati, pasti mereka
  sangat terpukul dan malu karena anaknya bunuh diri.  | 
Disputing
   | 
| 
Konselor  | 
: Nah itu bagus sekali
  pemikiran seperti itu Hawinda, ibu bangga kamu tidak hanya memikirkan dirimu
  sendiri, tetapi juga memikirkan orang tua . | 
Reinforcement | 
| 
Konseli  | 
: Saya juga berpikir
  harus membicararakan masalah ini kepada orang tua saya. Tetapi saya masih
  bingung bagaimana memulainya, bu ? | |
| 
Konselor | 
: Oke
  …Ibu bantu ya kalau begitu untuk memulai percakapannya. Ibu beri contoh suatu
  simulasi, bagaimana cara berbicara dengan baik kepada orang tua Hawinda, ibu
  sebagai ibu dari Hawinda, Hawinda memperankan sebagai diri sendiri kemudian
  nanti  dipraktekkan di rumah,
  bagaimana? | 
Teknik
  Simulation-Imitation | 
| 
Konseli | 
: Baik bu, saya rasa
  demikian juga tidak apa-apa. | |
| 
Konseli 
(Simulator I ) | 
: Bu, saya ingin
  membicarakan sesuatu yang penting kepada ibu. | |
| 
Konselor  
(Simulator II- Ibu Hawinda) | 
: Iya, ada apa, nak? katakan
  saja. | 
Teknik
  Simulation- Imitation | 
| 
Konseli 
(Simulator I) | 
: Saya masih belum bisa
  menerima kenyataan kalau mas Adi harus meninggal dan itu karena saya bu. Saya
  sangat merasa bersalah sehingga saya tidak bisa fokus sekolah dan selalu
  ingin melamun dan menangis | |
| 
Konselor 
(Simulator  II) | 
: Iya sayang, ibu tahu
  bagaimana perasaanmu, tetapi dunia mu tidak terhenti hanya karena kematian
  Adi. Kalau kamu berusaha tegar dan merelakan Adi, Adi pasti tenang di
  alamnya.  | 
Teknik
  Simulation- Imitation | 
| 
Konseli 
(Simulator I) | 
: Iya sih bu, tapi
  sungguh susah kalau di sekolah harus fokus ke pelajaran dan pikiran Hawinda
  ke arah kematian Mas Adi terus bu. Seakan pengen mati saja bu. | |
| 
Konselor 
(Simulator II) | 
: Sayang, terus berdoa ya dan ikhlaskan
  kepergian Mas Adi, life must go on
  nak. Jangan berpikir pendek seperti itu. Kalau anak ibu harus mati, kepada
  siapa ibu akan bercanda. Ibu dan bapak pasti akan sangat sedih. Kamu tidak
  mau kan ibu bapak sedih? 
Ibu saja tidak menyalahkan kamu kok nak, itu
  semua hanya perasaan mu saja yang terlalu sedih. | 
Teknik
  Simulation- Imitation | 
| 
Konseli 
(Simulator II) | 
: Ibu... maafin
  Hawinda yang berpikir buruk seperti ini ya bu. Hawinda akui kalau memang
  egois memikirkan ini sendirian. Hawinda ingin membahagiakan ibu dan bapak dan
  bangga pada Hawinda. | |
| 
Konselor 
(Simulator II ) | 
: Dan satu hal lagi. Terus
  mohon kepada Allah supaya diberi kenyamanan hidup ya. Allah tidak akan
  memberi cobaan diluar kemampuan umat-Nya nak. | 
Teknik
  Simulation-Imitation | 
| 
Konseli 
(Simulator I) | 
: Iya bu, saya sadar, sekarang
  saya sering melamun, menangis dan tidak fokus ke pelajaran sekolah mungkin
  karena kurang berdoa juga ya bu kepada Allah. | |
| 
Konselor 
(Simulator II) | 
: Nah itulah sebabnya
  mengapa ibu menyuruh kamu berdoa terus. Ibu melakukan itu hanya untuk
  kebaikanmu saja, Nak. | 
Teknik
  Simulation-Imitation | 
| 
Konseli 
( Simulator I) | 
: Iya bu sekarang saya
  sadar saya memang salah. Maafkan saya ya bu, kalau jadi menyusahkan ibu. | |
| 
Konselor  
(Simulator II) | 
: Iya nak, ibu sudah memaafkan kamu kok.
  jadikan itu sebagai pembelajaran bagi hidupmu bahwa hidup tak selamanya
  indah. | 
Teknik
  Simulation-Imitation | 
| 
Konseli | 
: Iya bu saya berusaha menyenangkan ibu dan
  bapak. Dan tentunya saya akan terus mendoakan Mas Adi tenang di akhirat. | |
| 
Konselor | 
:Nah
  itulah contoh simulasi dari ibu,  sekarang setelah praktek simulasi tadi, apa yang Hawinda
  rasakan, dan hikmahnya apa? | 
Lead
  / Disputing | 
| 
Konseli | 
:Wah
  saya mendapat hikmah bu, setelah praktek dengan ibu tadi, ternyata untuk menjalin
  komunikasi yang baik dengan orang tua, saya harus berkomunikasi seperti yang
  diajarkan ibu tadi. Dan saya merasa lebih enteng bu. Sudah mulai timbul
  keberanian untuk berbicara kepada orang tua. Dan saya yakin, orang tua pasti
  bijaksana dalam menghadapi hal ini. | |
| 
Konselor | 
: Wah
  bagus sekali hikmah yang kamu dapat Hawinda. Ibu senang sekali. | 
Reinforcement
   | 
| 
Konselor  | 
: Itulah
  orang tua ,Hawinda, semua orang tua pasti menginginkan anaknya bahagia.
  Sekarang coba bayangkan kalau Hawinda tidak mempunyai bapak dan ibu, kepada
  siapa Hawinda akan mendapat perlindungan dan kasih sayang. Padahal di luar
  sana banyak yang yatim piatu Bukankah Hawinda termasuk orang yang beruntung
  yang masih punya bapak dan ibu yang sayang kepada Hawinda? | 
Teknik
  Social -Modelling | 
| 
Konseli | 
: Benar
  juga ya bu. saya mungkin hanya takut dan bingung bagaimana bicara dengan ibu
  dan bapak saja. Dan saya harus bersyukur telah memiliki keduanya yang
  sebenarnya sayang kepada saya. | 
Disputing
   | 
| 
Konselor  | 
: Ibu
  senang sekali dan tidak menyangka bahwa Hawinda bisa berfikir sebijaksana
  itu. Tingkatkan ya. | 
Reinforcement | 
| 
Konselor  | 
:Melihat
  dari raut wajah Hawinda, sepertinya sudah lega ya dan sudah bersemangat
  kembali. | 
Reflection
  of Feeling | 
| 
Konseli | 
: Ahh
  iya bu, senang rasanya. | |
| 
Konselor | 
:Nah,
  tanpa komunikasi yang baik masalah yang dihadapi Hawinda tidak akan cepat
  terselesaikan dan malah menjadi pikiran yang macam - macam. | 
Advice | 
| 
Konseli | 
:Iya
  bu saya juga berpikir demikian sekarang. | |
| 
Konselor | 
:Kalau
  begitu Hawinda mencoba melakukan seperti yang disimulasikan tadi dengan orang
  tua di dirumah. Bagaimana ? | 
Teknik
  Homework | 
| 
Konseli | 
:Iya
  bu saya akan coba mempraktekkan contoh yang tadi ibu berikan di rumah .
  Pertemuan ini bisa kita lanjutkan besok tidak bu? Soalnya saya ada janji
  dengan teman sebentar lagi . | |
| 
Konselor  | 
: Ohh
  begitu, baiklah Hawinda, besok ketemu lagi dengan ibu ya. Dan laporkan
  kegiatan dari pembicaraanmu dengan orang tuamu ya kepada ibu besok ya. | 
Termination
   | 
| 
Konseli | 
: Baik bu, dengan
  senang hati. Kalau begitu permisi dulu bu. Terima kasih. Assalamu alaikum.. | |
| 
Konselor | 
:Ya sama-sama Hawinda,
  praktekkan simulasi yang ibu contohkan dirumah ya. Walaikum salam | 
Termination
   
Salam
   | 
| 
                 
  PERTEMUAN KETIGA | ||
| 
Konseli | 
: Assalamualaikum, Bu. | 
Salam | 
| 
Konselor | 
:Walaikum salam, Hawinda, bagaimana keadaannya
  hari ini? | 
Good
  raport | 
| 
Konseli | 
:Saya alhamdulillah
  baik bu dan sudah merasa lebih baik. | |
| 
Konselor | 
: alhmadulillah. Berarti
  Hawinda sudah mendapat jawaban kedua orang tua terhadap masalah yang dihadapi
  Hawinda dengan cara mempraktekkan simulasi yang telah ibu ajarkan kemarin? | 
Lead | 
| 
Konseli | 
: Iya, bu tadi malam
  saya berbicara panjang lebar dengan kedua orang tua saya tentang hal tersebut
  dan mempraktekkan simulasi yang telah ibu ajarkan kemarin  . Orang tua saya tidak memarahi saya
  dan berempati kepada saya bu. Mereka sangat mengerti keadaan Hawinda.
  Bagaimanapun mereka pernah merasakan masa muda ketika sangat mencintai
  pacarnya, tetapi fokus pada pendidikan tetaplah yang menjadi nomer satu. Boleh
  mencintai seseorang, tetapi jangan sampai menjadi korban di dalamnya. Dan
  yang paling menguatkan saya ketika ibu bilang kematian Mas adi karena takdir
  Allah, bukan karena saya. Awalnya saya sangat takut ketika akan berbicara
  kepada orang tua. Tapi setelah mendengar suara ibu yang lembut, jadi
  menentramkan saya dan menguatkan untuk berbicara pada orang tua.  
Saya tidak membantah
  apa yang dikatakan oleh orang tua saya karena memang saya disini memang
  bertindak dan mempunyai niat yang salah.  
Ternyata orang tua
  tidak selalu berpikir kolot, dan saya beruntung orang tua sangat memahami
  perasaan anak muda. | |
| 
Konselor | 
: Wah, ibu senang
  sekali mendengarnya, berarti Hawinda sudah menyadari bahwa ikut mati bukan
  cara yang tepat meyelesaikan masalah dan sudah menyadari pentingnya peranan
  orang tua untuk membantu Hawinda, begitu? | 
Expectation/Lead | 
| 
Konseli | 
:Ya bu saya sudah
  mengetahui dan menyadari bahwa orang tua selalu mendukung saya dan melindungi
  saya. Tidak apa – apa kehilangan Mas Adi walaupun berat. Yang penting masih
  punya orang tua yang selalu tulus memberi kasih sayang. Saya juga sadar bahwa
  bunuh diri bukan cara yang baik untuk menyelesaikan masalah. | 
Effect
   | 
| 
Konselor  | 
: Dengan kata lain,
  tidak akan ada niatan untuk bunuh diri bukan? | 
Clarification | 
| 
Konseli  | 
: Iya benar bu. | |
| 
Konselor | 
: Bagus sekali, berarti
  sekarang Hawinda sudah menyadari kesalahan Hawinda. Memang orang tua pasti
  selalu mendukung anaknya. Dan bunuh diri merupakan cara yang salah dalam
  menyelesaikan masalah. Jadi jangan pernah berniat bunuh diri lagi ya. | 
Advice | 
| 
Konselor  | 
: Nah, sekarang apa
  rencanamu supaya nilai – nilai tidak menurun terus, Hawinda? | 
Lead
   | 
| 
Konseli  | 
: Tadi malam saya
  sudah memikirkan hal itu bu, saya sudah bertekad akan fokus sekolah dan
  berusaha mendapatkan prestasi, saya ingin membahagiakan orang tua saya bu.
  Saya akan buktikan kalau saya bisa. | |
| 
Konselor  | 
: Wah, ibu senang
  sekali mendengarnya Hawinda. | 
Reinforcement | 
| 
Konseli | 
: Iya bu, terimakasih
  ya bu, selama ini telah membantu saya menyelesaikan masalah ini. | |
| 
Konselor  | 
:  Sama-sama Hawinda, ini merupakan
  kewajiban saya dan saya ikut senang masalah Hawinda sudah selesai. Sebenarnya
  ibu tidak melakukan apa –apa. Yang Hawinda alami sekarang memang karena usaha
  Hawinda sendiri. Ibu pun senang Hawinda bisa berubah lebih baik seperti ini.
  Apa yang Hawinda rasakan saat ini? | 
Role
  Limit 
Lead | 
| 
Konseli | 
: Saya merasa nyaman,
  enteng, bersemangat lagi bu. | |
| 
Konselor  | 
: Alhamdulilah kalau
  begitu. Ibu senang sekali Hawinda jadi kuat begini. | 
Reinforcement | 
| 
Konselor  | 
: Nah, sekarang coba
  Hawinda simpulkan pembicaraan kita dari hari pertama sampai sekarang. | 
Summary
   | 
| 
Konseli  | 
: Saya merasa saya ini
  sangat bersalah telah menyebabkan pacar saya mati. Saya sangat terganggu dan
  sedih. Sebelumnya saya tidak tahu harus berbuat apa, setelah ibu menyuruh
  saya menulis kebaikan orang tua saya dan orang tua Mas Adi dan melakukan simulasi
  yang harus saya lakukan dengan orang tua saya dan beberapa hal, saya sadar
  bahwa mempunyai niat untuk ikut mati itu tidak benar. Kematian Mas Adi sudah
  takdir dari Allah. Malah dengan berbicara dengan orang tua, akan memberi
  dukungan yang kuat pada hidup saya. Saya akan terus mendoakan mas Adi yang
  sudah di akhirat. Saya tidak boleh terpuruk, saya akan fokus pada sekolah
  saya, berusaha berprestasi dan must go
  on. | |
| 
Konselor  | 
: Benar sekali
  Hawinda, masalah yang Hawinda alami itu karena perasaan bersalah yang
  bersarang pada diri Hawinda. Sekarang Hawinda dapat menerima keadaan dan ibu
  rasakan Hawinda lebih bersemangat | 
Summary
   
Reflection
  of Feeling | 
| 
Konselor | 
:Semoga sukses ya
  Hawinda dan jangan lupakan pendidikanmu ya. | 
Advice
   | 
| 
Konseli | 
: Insya Allah bu. Baiklah
  bu kalau begitu, saya pamit pulang dulu, terimakasih sekali lagi dengan
  bantuannya,kalau ada apa-apa saya boleh kesini lagi kan bu?   | |
| 
Konselor | 
: Oiya tentu saja
  boleh kok Hawinda, ibu akan senang jika Hawinda sering cerita ke ibu. | 
Termination | 
| 
Konseli | 
: Baik,terima kasih,
  Bu. Assalamu alaikum | |
| 
Konselor  | 
: Walaikum Salam
  (berjabat tangan) | 
Termination
   | 
 
mengapa tidak ada tahap yang memberikan konseli pengajaran terlebih dulu tentang teori REBT ini?
BalasHapuskonseli mau konseling atau kuliah?
HapusKalau kons individual tidak usah. Kalau kons kelompok itu wajib karena itu akan mempengaruhi cara kerja kelompok
Hapus